Sabtu, 11 Februari 2017

Ayam Taliwang Menggemukkan Badan secara Cepat



Ayam Taliwang
Banyak jenis masakan berbahan dasar ayam, misalnya ayam goreng church texas, ayam goreng kuntucky, ayam goreng kalasan, ayam goreng mbok berek, ayam goreng pasundan, ayam goreng pioneer, ayam goreng sukabumi dan ayam goreng taliwang. Dari sekian banyak masakan ayam, tampaknya ayam taliwang memiliki daya tarik luar biasa. Ayam tentu banyak disukai masyrakat karena berprotein tinggi dan bisa menggemukkan badan.
Ayam taliwang adalah makanan berbahan dasar ayam yang disajikan bersama bumbunya berupa cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi goreng, kencur gula jawa, dan garam. Disebut ayam taliwang karena masakan ini berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.
Menurut catatan sejarah, menu masakan daerah ini pertama kali diperkenalkan oleh juru masak Sultan Sumbawa yang ditempatkan di Lombok pada zaman Raja Karangasem. Kepopuleran ayam taliwang sebagai masakan khas Lombok dirintis oleh papuq (nenek) Maknawiyah sebagai penjual nasi ayam di Pasar Cakranegara, Lombok.
Bertumpu dengan bumbu
          Ayam taliwang berbeda dengan Kentucky Fried Chicken, California Fried Chicken, atau Ayam Goreng Ny. Suharti. Ketiga jenis masakan ayam tersebut merupakan merek dagang yang dipatenkan, artinya tidak sembarang orang dapat menggunakan merek tersebut tanpa membayar sewa kepada pemegang hak paten. Tidak demikian halnya dengan ayam taliwang. Siapa pun dapat memakai merek dagang taliwang tanpa izin, sebagaimana halnya masakan padang, pecel Madiun, sate Madura, soto banjar, dan lain-lain.
                Oleh karena itu, menu khas Sasak (Lombok) ini, dijual di berbagai tempat, mulai dari kaki lima hingga restoran mewah. Menu ini juga dengan mudah dapat ditemui di luar Pulau Lombok, seperti Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, dan kota-kota besar lainnya.
                Bumbu ayam taliwang sebenarnya sederhana. Cabai merah besar yang telah dikeringkan dan berwarna kehitaman diulek bersama cabai rawit dan terasi. Cabai yang sudah diulek itu digoreng, diberi air, dan diberi sedikit perasan jeruk limau.
                Umumnya sebelum dipanggang, ayam dimasak dahulu dengan bumbu. Ayam panggang Taliwang memilki racikan bumbu yang lebih pedas. Setelah bumbu meresap dan daging ayam empuk barulah dilakukan finishing dengan memanggang bagian luar ayam hingga kering. Kadang dioleskan bumbu lagi saat dipanggang sehingga rasa masakan ayamnya lebih enak.
                Ayam yang digunakan berupa ayam kampung  yang masih berusia tiga atau empat bulan. Dewasa ini, selain dalam bentuk ayam bakar atau ayam panggang, juga disediakan ayam goreng taliwang untuk variasi bagi mereka yang tidak suka panggangan. Baca juga Cara agar badan gemuk berisi.

Pelecing Kangkung
                Masakan pelengkap menu ayam taliwang yang paling terkenal adalah pelecing kangkung. Masakan ini juga merupakan masakan khas Lombok. Belum lengkap rasanya makan ayam taliwang tanpa kehadiran pelecing kangkung. Mungkin karena tanahnya atau karena air tanahnya yang berasal dari Gunung Rinjani, kangkung di Lombok terlihat dan terasa berbeda dibandingkan dengan kangkung dari daerah lain.
                Daun kangkung Lombok lebih kecil, tetapi tangkainya lebih panjang dan besar. Hanya direbus saja, kangkung Lombok akan terasa enak dan renyah. Rebusan taoge biasanya menjadi pendamping kangkung, tentu saja dengan bumbu kelapa bakar yang sudah dicampur ulekan terasi, bawang putih, dan cabai. Sambal pelecing dibuat dari campuran tomat, cabai rawit, jeruk limau, kacang, dan terasi, yang disiramkan di atas rebusan kangkung.
Beberuk
          Selain bersama pelecing, ayam taliwang juga sering dihidangkan bersama dengan beberuk. Beberuk merupakan sejenis sambal campuran terung ungu kecil, kacang panjang, tomat, cabai rawit, dan rerasi. Campuran bahan itu kemudian disiram minyak kelapa panas bekas gorengan, kemudian ditambah dengan irisan bawang merah dan perasan jeruk limau. Pada umumnya, tamu restoran akan memesan juga sayur lebui (semacam kacang tolo) dan sup bebalung (semacam sop buntu).
Nilai Gizi
                Dilihat dari bahan yang digunakan, masakan ini dapat dipastikan padat gizi. Setiap 100 gram daging ayam taliwang mengandung 264 kkal energy yang berasal dri 18,2 gram protein; 20,1 gram lemak; dan 2,7 gram karbohidrat. Selain itu, setiap 100 gram ayam taliwang juga mengandung 94 mg kalsium; 164 mg fosfor; 507 mg natrium; 408 mg kalium, dan 2 mg zat besi.
                Seporsi ayam taliwang biasanya disajikan bersama-sama dengan pelecing kangkung atau beberuk. Kombinasi tersebut akan menjadikan hidangan menjadi lebih sehat, karena pelecing dan beberuk mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan serat pangan, yang sangat baik untuk kesehatan. Komposisi gizi lengkap dari ayam taliwang, pelecing kangkung, dan beberuk dapat dilihat pada tabel. Gizi yang lengkap dan citarasa yang lezat tentu dapat menggemukkan badan secara cepat.




Tabel Kandungan Gizi Per 100 Gram Ayam Bakar Taliwang, Pelecing Kangkung dan Beberuk
Zat Gizi
Ayam Bakar Taliwang
Pelecing Kangkung
Beberuk
Energi (kkal)
264
75
65
Protein (g)
18,2
2,5
1,1
Lemak (g)
20,1
2,8
5,2
Karbohidrat (g)
2,7
10
3,5
Serat (g)
-
5,4
3,1
Kalsium (mg)
94
36
179
Fosfor (mg)
164
3
72
Besi (mg)
2
2,1
8,3
Natrium (mg)
507
408
53
Kalium (mg)
408
381
427
Tembaga (mg)
0,4
0,1
0,4
Seng (mg)
12,3
0,4
0,2
Vitamin A (RE)
1067
870
44
Vitamin B1 (mg)
-
0,7
0,3
Niasin (mg)
-
0,2
4,4
Vitamin C (mg)
-
12
-
Air (g)
57,5
83,8
89,1
Sumber : Mahmud, et al (2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar