Kamis, 12 Januari 2017

Keredok dan Gado-gado Cara Cepat Gemukin Badan




                Pernahkah anda mencicipi keredok, gado-gado, ketoprak, lotek urap, atau pecel? Jika pernah atau bahkan sering, berarti anda telah memperoleh zat gizi yang lengkap dan variatif, suatu modal dasar untuk hidup sehat dan produktif serta cara menaikkan berat badan.
                Jika belum pernah mencicipi atau hanya baru sekadar mengetahui atau pernah mendengar namanya, maka anda disarankan untuk sesegera mungkin mencoba. Cara menambah berat badan adalah dengan banyak makanan bergizi seperti keredok ini, dan juga mengkonsumsi madu penggemuk badan. Seperti kata pepatah “tak kenal maka tak saying”, maka anda pun belum tentu tidak menyukainya. Boleh jadi, sekali mencoba akhirnya ketagihan dan menjadikannya sebagai suatu budaya makan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau itu terjadi, berarti anda telah turut melestarikan suatu kebudayaan nan agung dari para leluhur kita dan membuat badan biar gemuk.


                Supaya pembaca lebih menyadari betapa berartinya kehadiran makanan-makanan tradisional dan pentingnya tahu cara menggemukkan badan, maka kita bahas tentang keredok dan gado-gado. Dua jenis makanan tradisional yang memiliki bahan baku mirip, tetapi berbeda cara penyajiannya dan gizinya. Keredok merupakan makanan khas Jawa Barat, sedangkan gado-gado dapat dikatakan sebagai makanan khas dari Jawa Tengah dan juga Betawi. Artikel  ini akan membicarakan tentang kelebihan dan kelemahan masing-masing jenis makanan tersebur, serta upaya menyiasatinya agar kita selalu mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin untuk tubuh dan gemuk badan alami.

Sarat Zat Gizi Mikro

            Berdasarkan bagian yang dapat dimakan, sayuran dikelompokkan menjadi lima jenis, yaitu (1) sayuran umbi (wortel, bit, lobak, kentang, bawang), (2) sayuran buah (cabai, tomat, mentimun, terung, labu siam, pare), (3) sayuran polong (buncis, kacang panjang kecipir), (4) sayuran daun (bayam, katuk daun singkong, sawi), dan (5) sayuran bunga (kembang kol, kembang turi).
                Mengonsusi sayuran merupakan hal yang harus dilakukan bila kita ingin hidup sehat. Kondisi tubuh yang bugar dan awet muda serta badan gemuk dapat dicapai dengan mengonsumsi sayuran secara teratur dalam porsi yang cukup. Penyebabnya karena syuran merupakan pabrik bagi zat gizi mikro, yaitu vitamin dan mineral. Selain itu, sayuran juga merupakan gudangnya antioksidan dan serat pangan. Semua zat-zat tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima.
                Vitamin yang terdapat pada sayuran adalah vitamin C dan vitamin B kompleks. Beberapa sayuran juga merupakan sumber vitamin A,D, dan E. Karetenoid (precursor vitamin A), vitamin C, vitamin E merupakan antioksidan alami yang sangat berguna untuk melawan serangan radikal bebas, penyebab penuaan dini, dan berbagai penyakit kanker. Mineral yang banyak terdapat pada sayuran adalah zat besi, seng, mangan, kalsium, dan fosfor. Cobalah juga mengkonsumsi vitamin penggemuk badan.
                Dibandingkan dengan sumber serat yang lain, sayuran merupakan sumber yang paling baik dan utama. Kandungan serat pada sayuran sangat bermanfaat dalam pencegahan berbagai penyakit degeneratif, seperti kanker usus besar, atherosklerosis, penyakit jantung, diabetes, batu empedu dan lain-lain.

Keuntungan Keredok dan Gado-gado

            Harus diakui bahwa pengolahan sayuran menjadi keredok dan gado-gado memiliki banyak keunggulan dibandingkan pengolahan menjadi jenis masakan yang lain. Beberapa keunggulan tersebut sebagai berikut:
1.       Cita rasa makanan menjadi sangat khas dan menarik. Setiap bahan mempunyai cita rasa yang sangat khas, seperti manis, agak pahit, sepat, dan lain-lain. Perpaduan berbagai sayuran dalam bentuk keredok dan gado-gado akan memberikan cita rasa yang sangat spesifik, lezat dan menarik, sehingga tidak mudah untuk dilupakan dan bahkan membuat orang menjadi ketagihan.
2.               Tekstur yang menarik. Setiap jenis sayuran memilki tekstur tersendiri, seperti bayam dan labu siam yang lembut; wortel yang keras, kangkung yang berserat, ketimun yang renyah, dan lain-lain. Kombinasi tersebut akan memberikan sensasi yang luar biasa pada saat keredok dan gado-gado dikunyah di mulut. Pastikan Anda paham bahwa ini adalah cara cepat gemukin badan jika Anda banyak makan, rajin berolahraga, dan minum susu penggemuk badan.
3.                Warna menarik. Setiap jenis sayuran memiliki warna yang spesifik, sehingga perpaduannya satu sama lain akan memberikan daya tarik tersendiri. Warna-warni keredok dan gado-gado adalah merupakan perpaduan kombinasi warna kuning, oranye dari jagung dan wortel; warna hijau dari bayam, paria, kacang panjangn labu siam, dan kangkung; warna putih dari kol, kentang, taoge, dan mentimun, serta warna coklat dari bumbu kacang tanah.
4.                  Nilai gizi lengkap. Setiap bahan pangan mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam satu atau lebih zat gizi tertentu. Dengan demikian, perpaduan beberapa jenis bahan pangan dalam satu jenis masakan (seperti pada keredok dan gado-gado) akan menghasilkan nilai gizi yang lengkap dan optimal. Dalam ilmu gizi, konsep perpaduan tersebut dikenal dengan istilah komplementasi. Nilai ketersediaan biologis (seperti daya serap dan daya guna) terhadap zat gizi (vitamin, mineral, protein) suatu masakan akan semakin meningkat dengan semakin lengkapnya kombinasi bahan pangan di dalam masakan tersebut. Komposisi gizi karedok dan gado-gado sangat beragam satu sama lain, tergantung kepada bahan penyusunnya.Tapi yang jelas mereka merupakan ramuan alami penggemuk badan.

Berikut ini adalah beberapa kiat untuk meminimalkan kerusakan zat gizi pada penyiapan bahan untuk pembuatan gado-gado:

1.       Pengupasan (kentang dan wortel) sebaiknya dilakukan seminimal mungkin, agar tidak terlalu banyak menghilangkan zat gizi yang justru banyak terdapat di bagian dekat kulit.
2.       Pencucian sebaiknya dilakukan sebelum sayuran dipotong-potong, agar tidak banyak zat gizi yang ikut terlarut dalam air pencuci.
3.       Pemotongan sebaiknya dilakukan dengan ukuran agak besar. Semakin kecil ukuran bahan, maka semakin banyak vitamin dan mineral yang terlarut saat dicuci.
4.       Pemasakan dilakukan dengan sedikit mungkin air: Semakin banyak air yang digunakan, maka semakin banyak vitamin dan mineral yang larut selama proses pemasakan.
5.       Memasukkan sayuran ke dalam panic sebaiknya dilakukan jika air telah mendidih, untuk memperpendek waktu kontak dengan panas. Pemasakan dengan cara dikukus lebih sedikit kehilangan zat gizi dibandingkan direbus.
6.       Biarkan panci terbuka selama proses perebusan berlangsung agar asam-asam menguap sehingga sayuran tetap berwarna hijau, tidak kecoklatan.

Tabel, Perbandingan Nilai Gizi Keredok dan Gado-Gado per 100 Gram
ZAT GIZI
KEREDOK
GADO-GADO
Energi (kkal)
92
137
Protein (g)
2,2
6,1
Lemak (g)
3,3
3,2
Karbohidrat (g)
14,1
21
Kalsium
174
301
Fosfor (mg)
85
135
Besi (mg)
2,4
7,5
Zinc (mg)
0,3
0,4
Vitamin A (SI)
90
36
Vitamin C (mg)
3,0
1,0
Sumber : Persatuan Ahli Gizi Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar