Rabu, 18 Januari 2017

Sering Makan Ketupat Sayur Salah Satu Cara Gemuk


Mendengar kata “ketupat”, maka pikiran kita langsung melayang pada momentum lebaran, baik Idul Fitri maupun Idul Adha. Pada suasana lebaran tersebut, ketupat biasanya disajikan bersama opor ayam, guke kambing, sate ayam atau kambing, sert sup ayam atau kambing. Beberapa keunggulan ketupat dibandingkan nasi adalah: teksturnya lebih lunak, bentuknya lebih menarik, serta lebih awet untuk disimpan pada suhu ruang.
Sesungguhnya di luar lebaran pun, ketupat banyak disajikan dalam berbagai menu hidangan, baik yang dijual di warung-warung makan, restoran, maupun hotel berbintang. Ketupat antara lain dapat disajikan dalam bentuk ketupat sayur. Ketupat sayur merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Tampilan dan rasanya yang sangat khas, membuat makanan yang satu ini tidak pernah sepi penggemar. Dari namanya sudah dapat dipastikan bahwa makanan ini pada intinya terdiri dari ketupat dan sayuran. Buat perempuan banyak makan ketupat sayur bisa bikin perut gendut. Tapi ini juga bisa menjadi cara menggemukkan badan pria.
Kuah yang terbuat dari campuran santan dan aneka bumbu ini, turut memberikan aroma tersendiri pada ketupat sayur. Ada dua jenis ketupat sayur yang paling digemarin oleh masyarakat Indonesia, yaitu ketupat sayur betawi dan ketupat sayur padang. Kedua jenis makanan ini memiliki beberapa persamaan dan perbedaan.
Justru perbedaan itulah yng membuat keduanya menjadi tampak menarik, sehingga masing-masing memiliki penggemar yang sangat fanatik.


Perbedaan ketupat sayur Betawi dan Padang
Perbedaan antara ketupat betawi dan ketupat sayur padang terletak pada: (1) jenis sayuran, (2) jenis bumbu, (3) jenis udang, (4) kekentalan santan, dan (5) warna kuahnya. Dengan demikian secara otomatis akan terjadi perbedaan pada kandungan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan. Tentu ini juga mempengaruhi cara gemukin badan anda juga.
Jenis sayuran yang digunakan pada ketupat sayur betawi adalah papaya muda dan kacang panjang. Sedangkan dalam ketupat sayur padang digunakan nangka muda atau daun pakis. Perbedaan komposisi gizi dari keempat jenis sayuran tersebut dapat dilihat pada Tabel. Papaya muda dan nangka muda merupakan jenis sayuran sumber karbohidrat. Sedangkan kacang panjang dan dau pakis kaya akan vitamin C dan A, serta mineral kalsium dan fosfor.
Beta-karoten merupakan salah satu bentuk pro-vitamin A yang banyak terdapat pada kacang panjang dan daun pakis. Beta-karoten dapat berperan sebagai antioksidan yang penting bagi tubuh. Selain itu, beta-karoten juga berfungsi untuk mengatur kerja gen-gen yang terlibat dalam sistem imunitas, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit infeksi.
Ketupat sayur betawi menggunakan udang kering sedangkan ketupat sayur padang menggunkan udara segar. Perbadaan komposisi gizi udang kering dan udang segar dapat dilihat TabeL. Selintas tampak bahwa udang kering memiliki kandungan zat-zat gizi yang lebih banyak daripada udang basah. Sesungguhnya tidak demikian. Perbedaan kompsisi gizi lebih disebabkan oleh perbedaan kadar air yang menyolok pada pada keduanya, yaitu 21 persen pada udang kering dan 75 pesen pada udang basah. Kadar air yang rendah pada udang kering menyebabkan zat-zat gizi lainnya menjadi lebih terkonsentrasi, sehingga kadarnya per 100 gram menjadi lebih tinggi. Akan tetapi, jika dibandingkan pada kadar air yang sama, maka keduannya akan memiliki komposisi gizi yang  tidak jauh berbeda. Begitu pula cara menaikkan berat badan dengan banyak makan makanan bergizi.
Udang merupakan sumber vitamin A yang diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel tubuh. Udang juga sangat kaya akan kandungan mineral kalsium dan fosfor. Kalsium dan fosfor diperlukan untuk pertumbuhan, serta pemeliharaan kesehatan tulang dan gizi. Selain itu, udang juga merupakan sumber protein hewani yang penting bagi tubuh.
Ketupat betawi menggunakan kuah dengan santan encer, sedangkan ketupat sayur padang menggunakan santan kental. Perbedaan komposisi gizi antara santan encer dan santal dapat dilihat pada Tabel. Santan kental mengandung lemak lebih tinggi dibandingkan santan encer, yaitu masing-masing 34 persen dan 10 persen. Protein pada santan kental juga lebih tinggi dibandingkan santan cair, yaitu masing-masing 4 persen dan 2 persen. Demikian juga dengan kadar karbohidratnya, yaitu 56 persen pada santan kental dan 8 persen pada santan cair.
Perbedaan komposisi lemak, protein dan karbohidrat tersebut menyebabkan kadar energi santan kental, jauh lebih tinggi dibandingkan santan encer, yaitu masing-masing sebesar 324 kkal dan 122 kkal per 100 gramnya. Dari segi kesehatan penggunaan santan encer lebih mengguntungkan daripada santan kental. Penggunaan santan encer mengurangi peluang untuk terjadinya penumpukan lemak di dalm tubuh.
Kuah pada ketupat sayur padang berwarna lebih kuning cerah dibandingkan kuah ketupat sayur betawi. Hal ini dikarenakan dalam pemasakan kuah ketupat sayur padang digunakan rempah kunyit. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang menimbulkan warna kuning pada masakan.
Menurut Sumiati & Adnyana (2008), senyawa kurkumin dapat berperan sebagai anti-inflamasi (antiperdagangan). Senyawa tersebut dapat menghambat kerja enzim yang menimbukan peradangan. Selain itu, senyawa kurkumin juga dapat menghambat kerja enzim yang memengaruhi perkembangan sel kanker. Oleh karena itu, kunyit dapat berperan sebagai antikanker.
Kunyit juga kaya akan vitamin B, yaitu sekitar 0,03 mg per 100 gram bahan. Vitamin B dapat merangsang pembentukan neurotransmitter yang berfungsi untuk menjaga kelacaran fungsi otak.




Tabel komposisi Zat Gizi per 100 Gram Pepaya Muda,
Kacang Panjang, Nangka Muda, Daun Pakis.
                                                                                
ZAT GIZI
PEPAYA MUDA
KACANG MUDA
NANGKA MUDA
DAUN PAKIS
Energi (kkal)
26
44
51
35
Protein (g)
2,1
2,7
2
4
Lemak (g)
0,1
0,3
0,4
0,3
Karbohidrat (g)
4,9
7,8
11,3
6,4
Kalsium (mg)
50
49
45
42
Fosfor (mg)
16
437
29
172
Besi (mg)
0,4
0,7
0,5
1,3
Vitamin A (RE)
6
50
3
432
Vitamin B (mg)
0,02
0,13
0,07
0
Vitamin C (mg)
19
21
9
30
Air (g)
92,3
88,5
85,4
88
Sumber : Direktorat Gizi, Depkes RI (2004)
Tabel Komposisi Gizi  per 100 Gram Udang Kering, Udang Segar, Santan Encer dan Santan Kental.
ZAT GIZI
UDANG KERING
UDANG SEGAR
SANTAN ENCER
SANTAN KENTAL
Energi (kkal)
295
91
122
324
Protein (g)
62,4
21
2
4,2
Lemak (g)
2,3
0,2
10
34,3
Karbohidrat (g)
1,8
0,1
7,6
55,6
Kalsium (mg)
1209
136
25
14
Fosfor(mg)
1225
170
30
45
Besi (mg)
6,3
8
0,1
1,9
Vitamin A (RE)
65
19
0
0
Vitamin B (RE)
0,14
0,01
0
0,02
Vitamin C (mg)
0
0
2
2
Air (g)
20,7
75
80
54,9

Sumber : Direktorat Gizi, Depkes RI (2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar